Senin, 02 Februari 2009

KECERDASAN OTAK

OTAK YANG MENAKJUBKAN

Otak adalah organ yang merupakan “jati diri” manusia. Ukuranya hanya sebesar buah anggur, beratnya kira-kira sama dengan sebutir kol. Inilah satu-satunya organ yyg tidak bias dicangkok dan kita tetap diri kita sendiri.
Otak mengatur seluruh fungsi tubuh; mengendalikan kebanyakan prilaku dasar manusia seperti makan, tidur, dan menghangatkan tubuh. Cara kerja otok berkaitan dengan kecakapan belajar, learning skil.

Beberapa area penting otak :
• Lobus Frontal : berfungsi mengambil keputusan, memecahkan soal dan merencanakannya.
• Lobus Fariental : Menerima dan mengelola info indrani dari tubuh.
• Lobus Temporal : Berkata dengan memori, emosi, pendengaran dan bahasa
• Lobus Oksipital : Berkaitan dengan penglihatan.

Menurut marian C. Diamond, otak itu sebenarnya sangat dinamis, otak dapat berubah pada usia beberapa pun, sejak lahir sampai akhir hidup dan dapat berubah secara positif jika diberi rangsangan, sebaliknya dapat menjadi negatif jika tidak diberi rangsangan.

Mitos – mitos tentang otak :
1. Sepenuhnya ditentukan oleh keturunan
Disini sebenarnya lingkungan lebih menentukan iregelensi otak jika dibandingkan dengan pengaruh gen atau keturunan.

2. Usia merusak otak
Pada usia tua sekitar 40 persen neuron di otak hancur, tapi sebenarnya ini bukan berarti berkurangnya fungsi intelektual otak. Yang menentukan kecerdasan bukanlah jumlah sel-sel otak, tapi kekuatan koneksi dan arus informasi yang ada disekitarnya. Kalau diberi waktu yang cukup, otak tua yang sehat dapat mengingat lebih baik dari pada otak muda yang sehat.yang di sebut dengan kecerdasan terkristal, yakni kumpulan pengetahuan terspesialisasi dselama bertahun-tahun yang berasal dari pengalaman hidup dan memerlukan bank memori yang besar, kemampuan verbal dan penilaian yang canggih. Orang tua yang banyak bergerak/olahraga akan mempunyai kemampuan kognitif lebih besar daripada orang tua yang tidak olahraga.

B. CERDAS DENGAN MAKANAN

  • Fungsi dari antioksidan yakni melindungi sel-sel otak dari generasi serangan radikal bebas dan dianjurkan memakan buah-buahan yang mengandung antioksidan.
  • Neurotransmiter merupakan entitas menyampaikan pikiran dan perasaan kita keseluruh jaringan syaraf yang merupakan esensi memori, kecerdasan, kreativitas dan mood.
  • Pada wanita mensintesiskan serotonim otak setengah kali dari laki-laki sehingga wanita lebih mudah depresi. Dalam ikan terdapat omega -3, jika manusia kekurangan omega -3 berarti akan menimbulkan kerusakan pada otak.
Makanan yang baik untuk otak adalah makanan yang mengandung zat-zat yg diperlukan oleh otak seperti;
a) Omega-3
Fungsinya : Menghambat pembentukan gumpalam darah, melenturkan lemak yang menutupi membrane, dll.
b) Omega-6
Fungsinya : Terutama yang mengandung linoleik, untuk mengatur peradangan, tekanan darah, dan fungsi-fungsi jantung, gastrotoenstinal, dan gijal.
c) DHA
Fungsinya : Membantu membangun otak
d) Multivitamin
Fungsinya : Dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan intlektual dan kesejahtraan emoosional di semua usia.

C. CERDAS DENGAN GERAKAN

Gerakan membangkitkan dan mengaktifkan kapasitas mental dan dapat menyatukan serta menarik informasi baru kedalam jaringan neuron kita. Gerakan sangat vital bagi semua tindakan untuk mewujudkan dan mengungkapkan pembelajaran dan pemahaman olah raga dapat menstimulasi perkembangan otak yang sedang tumbuh dan mencegah kemunduran otak yang menua.

Pada balita, proses dari lahir samapi bisa duduk, merangkak hingga bisa berdiri lebih baik dibiarkan normal. Ini akan menunjang nantinya saat dia belajar membaca. Proses ini juga sangat banyak membantu / berpengaruh dalam perkembangan intelegensi balita selanjutnya. Terbukti juga, anak yang berolahraga rutin mempunyai tingkat kecerdasan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang tak pernah olahraga.jadi, disini lebih baik membiarkan anak lebih aktif bergerak karena itu akan mempengaruhi tinggi rendahnya intelegensi mereka.

Gerakan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari belajar dan berfikir. Gerakan sangat berpengaruh dalam mencerdaskan otok. Semakin banyak kita melakukan gerakan, maka dapat merangsang pertumbuhan sel-sel saraf dan meningkatkan koneksi saraf dalam otok.
Hal yang menakjubkan terjadi di kanada, anak-anak disana yang waktu tambahannya dihabiskan setiap hari diruang olahraga, mampu mengerjakan ujian lebih baik ketimbang mereka yang kurang aktif berolahraga

D. CERDAS DENGAN PENGAYAAN

Seseorang yang menderita autis atau kerusakan pada otak sehingga apa yang ada disekitar/lingkungannya membuat dirinya tidak nyaman apalagi mereka susah sekali berinteraksi dengan manusia, baik itu juga dengan orang tua dan keluarga.

Tapi hal ini perlu dilatih dan latihan yang tidak ringan yakni yang berupa pengayaan yang akan membangkitkan suatu hal yang baru.

Cara – cara mencerdaskan bayi :
  1. Cerdaskan sejak dalam rahim. Apa yang terjadi pada pikiran ibu sesungguhnya dapat mempengaruhi mental bayi
  2. Permulaan gizi yang cerdas. Mencakup peningkatan dalam perawatan, sentuhan, nutrisi pembangunan otak dan kepekaan orang tua.
  3. Menggendong cerdas
  4. Berkata cerdas
  5. Respon cerdas. Orang tua memberikan respon pada isyarat untuk membangun koneksi otak.
  6. Musik cerdas. Intelegensi juga bisa dipancing menggunakan musik.
  7. Bermain cerdas
  8. Makan cerdas
Jadi, kita harus belajar dan setiap otak manusia selalu berkembang

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites